How to go

_raja_ampat_travel_big

Desa wisata Sauwandarek terletak di Meos Mansar yaitu bagian barat Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Untuk menuju desa ini, ada beberapa cara alternatif antara lain sebagai berikut :

  1. Untuk anda yang berasal dari luar Papua, anda harus memulainya dari Kota Sorong. Ada beberapa penerbangan yang dapat membawa Anda ke Sorong misalnya, Merpati Air, Express Air, dan Lion Air. Saat menginjakkan kaki di tanah Papua, anda akan tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) yang berada di Sorong, kemudian dilanjutkan menuju Pelabuhan Perikanan Sorong. Untuk menuju pelabuhan pun tidak begitu sulit, karena sudah banyak fasilitas kendaraan umum baik roda dua maupun roda empat yang akan mengantarkan anda menuju pelabuhan. Setibanya di pelabuhan, ada 2 pilihan kapal yang bisa anda gunakan yaitu :
  • Kapal milik pemerintah. Kapal milik pemerintah ini berlayar setiap hari setiap pukul 14:00 WIT dengan ongkos Rp 100.000 – Rp 125.000 per orang. Kapal ini membawa penumpang dari pelabuhan Sorong menuju kota Waisai. Lama perjalanan dari Sorong ke Waisai sekitar 2 jam perjalanan, sedangkan dari Waisai menuju Desa Wisata Sauwandarek memakan waktu sekitar 4 jam menggunakkan long boat dengan biaya sekitar Rp 300.000 sekali jalan. Jadi, total perjalanan dengan biaya yang lebih hemat ini akan memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan.
  • Speed boat. Untuk menggunakan speed boat anda akan dikenakan biaya Rp 5.000.000 per hari. Dengan menggunakan speed boat, lama perjalanan dari Sorong menuju Desa Wisata Sauwandarek akan menjadi lebih cepat yakni hanya sekitar 3 jam.
  1. Untuk anda yang berada di papua, anda bisa langsung menuju pelabuhan sorong dan menggunakan kapal ke desa sauwandarek. Harga kapal dan lamanya perjalanan dapat anda lihat seperti penjelasan diatas.

Selama perjalananan menuju desa wisata sauwandarek, anda akan dapat melihat keindahan biota laut dan karang. Hal ini membuat perjalanan anda lebih menyenangkan.

14 thoughts on “How to go

  1. Salah satu kelemahan dari tempat ini tuh dari segi transportasi yang makan waktu lamaaa banget, harus orang sabar yang dateng ke sini ya. Oh iya ka gimana ya aksesibilitas ke desa Sauwandarek ini, udah bagus atau belum ya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s