Profile Desa Wisata Sauwandarek

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan utama bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Suguhan wisata yang di miliki oleh kawasan Kabupaten Raja Ampat tidak hanya sebatas panorama alam bawah lautnya saja. Walaupun hal tersebut merupakan tujuan utama bagi kebanyakkan wisatawan, namun untuk anda yang ingin menikmati wisata di atas permukaan lautnya, bisa mengunjungi beberapa desa wisata yang ada di Raja Ampat. Salah satunya adalah Desa Wisata Sauwandarek.

Desa wisata Sauwandarek terletak di bagian barat Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Desa ini merupakan bagian dari kabupaten Mansar Meos. Rumah di desa wisata ini dihuni sebanyak 46 keluarga atau sekitar 179 penduduk yang masih tinggal di dalam rumah yang beratapkan daun jerami.Desa ini terkenal dengan karangnya yang indah. Selain itu, ada sebuah danau asin lokal yang disebut Telaga Yenauwyau, yang terletak di belakang desa.

Advertisements

50 thoughts on “Profile Desa Wisata Sauwandarek

    • Untuk pelancong dari ibu kota negara, Jakarta, Jayapura begitu jauh. Perlu waktu sekitar 8 jam perjalanan udara untuk mencapai Bandara Sentani, pintu masuk kota Jayapura.

      Tapi, Beberapa maskapai melakukan transit dua kali jika berangkat dari Jakarta, yaitu di Makassar dan Biak, Papua. Lama di udara untuk rute Jakarta-Jayapura sebenarnya hanya sekitar 5 jam.

      Like

    • Akses menuju raja ampat sendiri tidak terlalu sulit , kaka bisa melihat option di how to go untuk sampai di tempat ini 🙂
      Bila kaka ingin leluasa mencicipi masakan khas Raja Ampat, kami menyarankan untuk datang ketika perayaan HUT Raja Ampat pada tanggal 9 Mei atau ketika Festival Raja Ampat yang biasa diselenggarakan pada bulan Oktober setiap tahun sedang berlangsung. Beberapa kuliner khas Raja Ampat seperti , Mumu adalah masakan yang terbuat dari berbagai bahan. Bahan-bahan yang dipakai antara lain ubi manis, daging babi, sayuran serta nasi. semua bahan ini kemudian dimasak di atas batu yang sangat panas sampai berwarna kemerahan. Yang ke2 ada Barapen ayam ala walesi dimasak dengan batu yang dibakar sampai memerah lalu batu-batu itu ditaruh di dalam sebuah drum yang ditanam di dalam tanah. Taruhlah bahan-bahan makanan di dalam drum tersebut. Letakkan secara berurutan. Mulailah dengan meletakkan ubi manis, sayuran lalu daging ayam yang sudah diberi bumbu sebelumnya. Setelah itu, siramkan minyak pada ubi manis, sayuran serta daging ayam. Tutuplah drum ini dengan bahan plastik tebal yang tahan dengan panas.Yang ke-3 ada Papeda adalah salah satu masakan populer dari raja ampat yang terbuat dari bahan tepung sagu. Papeda sendiri sangat terkenal pada masayarakat yang tinggal di daerah dataran rendah maupun pantai.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s